Cerdas Dalam Memilih Sekolah Bagi Anak


(Image by freepik.com)
Beberapa bulan lagi pelajar akan memasuki tahun ajaran baru. Para orang tua mulai sibuk untuk memilih sekolah yang tepat bagi putra putri mereka. Apalagi saat ini banyak bermunculan sekolah-sekolah yang mengklaim sekolah mereka sebagai sekolah unggulan atau favorit dikarenakan berbagai fasilitas yang mereka miliki serta beragam daya tarik yang ditawarkan oleh pihak sekolah untuk mencari siswa.

Kondisi seperti ini harus membuat para orang tua lebih jeli dan berhati-hati dalam menentukan jenis sekolah. Jangan hanya karena biaya sekolah mahal yang menjadi acuan untuk memilih sekolah namun juga harus memperhatikan beberapa aspek. Terlebih lagi saat ini banyak sekolah-sekolah ternama yang mendapat sorotan dari masyarakat karena permasalahan yang terjadi dilingkungan sekolah. 

Oleh karena itu orang tua hendaknya harus mengenal dengan baik sekolah yang akan dipilih untuk putra putrinya. Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam memilih sekolah, diantaranya :
  1. Kenali terlebih dahulu sekolah yang ingin dipilih, namun sebelum mendaftar coba cari tahu tentang keadaan sekolah tersebut (sharing pengalaman).
  2. Coba lihat beberapa sekolah sebelum mengambil keputusan.
  3. Pilih sekolah yang sesuai dengan kebutuhan anak.
  4. Jangan paksakan anak untuk sekolah yang tidak sesuai dengan kemampuan anak hanya karena gengsi atau mengikuti orang lain.
  5. Cari tahu kurikulum yang digunakan sekolah tersebut. Untuk mengetahui sistem pengajaran yang dilakukan.
  6. Kualitas dari sumber daya manusia disekolah tesebut mulai dari tenaga pengajar maupun tenaga pendidiknya. Karena dengan memiliki pangajar yang berkualitas secara skill dan sofskill maka diharapkan mampu membentuk siswa yang Berkualitas.
  7. Cek terlebih dahulu kondisi fisik sekolah, termasuk sarana atau fasilitas yang dimiliki termasuk ruang kelas, lapangan, toilet, dan kantin yang ada termasuk tempat parkir.
  8. Komite sekolah. Ini merupakan salah satu sarana untuk berkomunikasi antara orang tua dan pihak sekolah.
  9. Kegiatan ekstrakulikuler. Kegiatan apa saja yg disediakan oleh pihak sekolah dalam membantu siswanya dalam mengembangkan potensi minat bakat yang dimiliki.
  10. Guru bimbingan konseling atau character building teacher. Mungkin untuk tingkat sekolah dasar tidak semua memiliki guru tersebut namun sebenarnya sangat dibutuhkan dan mampu membantu permasalahan yang terjadi psda siswanya. Mengingat guru kelas sudah mempunyai banyak tugas yang dilakukan selain itu guru kelas setiap hari sudah memiliki banyak tanggung jawab.
  11. Memudahkan komunikasi dan koordinasi antara orang tua murid dengan pihak sekolah. Sekolah menyediakan dan memberikan kesempatan kepada orang tua murid dalam mengetahui perkembangan siswa.
  12. Lihat rekam jejak perkembangan sekolah tersebut dari tahun ketahun. Perlu bagi orang tua mengetahui perkembangan sekolah dari tahun ke tahun. Tujuannya untuk mengetahui sejauh mana kemajuan sekolah tersebut.
  13. Sekolah favorit belum tentu berkualitas dan berkualitas tidak selamanya mahal. Artinya kualitas dilihat dari banyak hal. Oleh karena itu hilangkan paradigma bahwa sekolah mahal selalu bagus.
  14. Kualitas karakter pengajar juga mempengaruhi proses belajar disekolah. Karena pengajarlah yang melakukan interaksi paling banyak kepada siswanya dan hal itu dapat mempengaruhi pembentukan dan perkembangan jiwa siswa mereka.
 Oleh: Patria Rahmawaty, S.Psi., M.MPd, Psikolog


Tags :
Biro Psikologi Balikpapan
Jasa Konsultasi Psikologi Balikpapan
Jasa Konsultasi
Biro Psikologi Balikpapan

Biro Belvalina Balikpapan