Seminar Pasca Kampus 2020 - Institut Teknologi Kalimantan


Setiap tahun mahasiswa lulusan Diploma dan Sarjana yang biasa disebut kaum fresh graduate, dalam dunia pekerjaan akan menemui berbagai rintangan bahkan penolakan pada saat melamar pekerjaan. Ketakutan seperti itu pasti sering membayangi kaum-kaum fresh graduate yang baru saja mendapatkan gelar baru setelah lulus dari perkuliahan.
Karena kecemasan dan ketakutan tersebut Mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan (ITK) melalui Badan Executive Mahasiswa (BEM) mengadakan seminar tentang bagaimana persiapan memasuki dunia kerja yaitu Job Preparation. Kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir dari berbagai jurusan. BEM ITK bekerjasama dengan Biro Belvalina, narasumber kegiatan ini adalah Ibu Patria Rahmawaty.,S,Psi.,M.MPd.,Psikolog.

Pada acara ini, Ibu Patria Rahmawaty, S.Psi., M.MPd., Psikolog selaku narasumber membagi dua sesi. Sesi yang pertama yaitu pemaparan tentang materi pada slide yang telah disediakan tentang job preparation dalam dunia pekerjaan. Job preparation  ini meliputi pembuatan lamaran pekerjaan, cv, sampai dengan beberapa kegiatan wawancara/interview. Pada sesi yang kedua, diadakan simulasi psikotest yang dipandu langsung oleh narasumber serta dibantu Tim Biro Belvalina yang lain.
Kegiatan ini diadakan rutin setiap tahunnya, sehingga dengan kegiatan ini diharapkan para calon wisudawan dapat mempunyai gambar mengenai persiapan dalam dunia kerja yang akan mereka jalani. Serta dapat mempersiapkan diri mereka mulai dari saat ini sebelum masuk dunia kerja.