Fenomena Games Dikalangan Ibu Muda


(www.google.com/image)

Games bukan lagi hal yang baru dikalangan masyarakat. Anak-anak sampai orang dewasa sangat menggandrungi jenis pemainan tersebut. Didukung pula saat ini mudahnya akses untuk mendapatkan permainan tersebut. Bila dulu untuk dapat bermain games harus dilakukan melalui internet namun sekarang dapat ditemui melalui berbagai jenis media. Mulai dari Playstation, gadget yang berisi permainan, PSP, atau berbagai jenis video games yang ada. Malah peminat dari jenis permainan itu mulai didominasi oleh ibu-ibu muda. Yang mungkin awalnya dilakukan untuk menemani anak-anak mereka bermain atau mungki n mengulang pengalaman di masa muda mereka saat sekolah. Hingga akhirnya kegiatan tersebut terbawa sampai mereka menikah.

Terlepas dari apapun alasan mereka bermain video games, kenyataannya kegiatan tersebut menimbulkan keasyikan tersendiri yang berujung pada perasaan terikat dan ingin terus mengulangi sampai mereka menemukan kepuasan tersendiri. Terlebih lagi apabila mereka merasaan perasaan kecanduan dan tidak dapat mengendalikan keinginan untuk bermain dan dapat mengalahkan aktifitas lainnya. Keadaan saat ini yang serba canggih, cyber teknologi dengan berbagai situs jejaring sosial yang membuat mudah akses untuk mendapatkan akses games memperkuat ketertarikan untuk mencari tahu bahkan menjadikan kondist tersebut sebagai sebuah kebutuhan baru dalam kehidupan masyarakat mereka . Apabila di dukung oleh asumsi bahwa games merupakan gaya hidup, bila tidak menguasai games berarti tidak gaul. Ini yang membuat mereka semakin terikat secara emosional pada permainan ini. Meskipun untuk mendapatkan permainan ini membutuhkan biaya yang cenderung besar.

Ada banyak dampak yang ditimbulkan oleh ibu muda yang sangat menggandrungi permainan ini, mungkin awalnya sebagai anak agar mudah mengontrol perilaku anak dalam bermain games namun dibalik itu dapat mempererat hubungan anak dengan ibu, atau cara ibu untuk mengetahui tentang minat anak karena tidak menutup kemungkinan dapat mengarahkannya untuk kompetisi games dalam lingkungan tertentu. Selain itu ibu muda yang mempunyai ketertarikan pada games membantu pula untuk membuat  pikiran menjadi lebih rileks dan tidak hanya terpaku pada pekerjaan rumah saja yang dapat menimbulkan perasaan tertekan selain itu dapat membantu dalam mengambil keputusan secara cepat. Sementara disisi lain dapat menimbulkan hal negatif, seperti kurang memperhatikan kebtuhan anak terutama kegiatan ank yang bersifat outdoor karena ibu akan lebih mengarahkan anak-anaknya pada kegiatan yang bersifat didalam ruangan, makin terus meng up date games terbaru hingga kurang memperhatikan akademik anak dan minatnya pada bidang lain. Bahkan dapat membuat hubungan komunikasi antara anggota keluarga menjadi kurang efektif. Selain itu dapat membuat iklim keluarga kurang harmonis dimana keterikatan emosional yang menjadi makin renggang.

Oleh karena itu harus dilakukan antisipasi terhadap perilaku tesebut hingga tidak mengarah pada kecanduan, diantaranya :
  • Kenali dulu tentang seluk beluk games yang akan dimainkan. Mulai dari mana memperoleh games tersebut, jenis permainan yang menjadi minat diri.
  • Atur waktu dan buat kesepakatan baik dengan diri sendiri maupun anggota keluarga tentang  penggunakan gadget yang didalamnya terdapat berbagai permainan. Bila perlu terapkan punishment bila kesepakatan tersebut dilanggar.
  • Ajak anggota keluarga untuk lebih banyak beraktifitas diluar ruangan dan melakukan kegiatan secara fisik seperti berolah raga, bersepeda, menemani anak bermain bola.
  • Kendalikan diri untuk tidak selalu  mengikuti (up date) tentang jenis permaian terbaru.
  • Jangan jadikan games sebagai satu-satunya sarana untuk meredakan pikiran.
  • Cari kegiatan yang positif lebih baik bila kegiatan tersebut dapat menghasilkan uang yang dapat membantu penghasilan tambahan keluarga.
  • Kurangi komunikasi dengan komunitas games yang tidak bermanfaat  bagi diri dan keluarga.  

Oleh : Patria Rahmawaty, S.Psi., M.MPd, Psikolog


Tags :
Biro Psikologi Balikpapan
Jasa Konsultasi Psikologi Balikpapan
Jasa Konsultasi
Biro Psikologi Balikpapan


Biro Belvalina Balikpapan